Rabu, 03 Maret 2010

Kelapa (Cocos nucifera)

Kelapa (Cocos nucifera)


Tanaman ini mulai berbuah pada umur 6 sampai 7 tahun, pada beberapa daerah sudah berumur pada umur 5 tahun. Bunga betina tanaman kelapa akan dibuahi pada waktu 13-24 hari setelah berkembang dan buah akan menjadi rusak setelah 12 bulan.



Tanda-tanda buah kelapa yang cukup masak untuk dipungut yaitu kulit luar (Epicarp) berwarna merah kehitam-hitaman atau kecoklat-cokelatan buah tersebut diguncang air didalamnya berbunyi, berat rata-rata telah menurun.
Kelapa yang dipetik terlalu tua akan memberikan hasil kop[ra yang kuang baik meskipun kadar minyaknya tinggi (Dry Basis kira-kira 75%). Berdasarkan hal ini maka lebuh baik memetik kelapa sedikit lebih muda dari pada terlalu tua, karena kelapa yang terlalu tua mudah berkecambah, terutama pada iklim tropic yang basah, pada buah yang berkecambah terdapat enzim-enzim yang dapat menghancurkan dam melunakan bagian-bagian sebelah dalam dari bagian buah. Kelapa yang berkecambah ini akan menghasilkan kopra yang tidak berwarna putih, kelabu dan kopranya sukar kering, sedangkan serat serabut kelapa tua ini kasar dan dan sukar dilepaskan dari tempurung (Djatmiko,1985).


Daging buah kelapa yang sudah masak dapat dijadikan kopra dan bahan makanan, daging buah kelapa merupakan sumber protein dan sudah dicerna. Daging buah kelapa dapat diolah menjadi santan (Juice Extract). Santan kelapa ini dapat dijadikan pengganti susu atau dijadikan minyak.
Kandungan gula santan daging buah kelapa kurang dari 1%, karena itu santan kelapa tidak dapat dijadiakan alcohol. Selain dari pada itu telah dapat diisolasi komponen Rafinosa, sukrosa, Fruktosa, galaktosa, dan glukosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar