Minggu, 01 November 2009

Pasteurisasi

PASTEURISASI


Pasteurisasi merupakan salah satu pemanasan bahan makanan sampai suhu tertentu untuk membunuh bakteri yang tidak membentuk spora dan virus-virus yang menyebabkan penyakit pada manusia. Dengan pasteurisasi masih terdapat mikroorganisme, sehingga bahan makanan yang telah dipasteurisasi mempunyai daya tahan simpan lebih singkat.

Maka dalam pasteurisasi terutama untuk memusnahkan mikroorganisme. Biasanya suhu yang digunakan dibawah 1000 C.

Pasteurisasi biasanya dilakukan pada suhu sekitar 630C (1450 F) selama 30 menit. Contohnya pasteurisasi pada susu 610-630 C selama 30 menit, pada sari buah 630-740 C selama 30 menit, kadan-kadang dilakukan juga pasteurisasi secara cepat yang dinamakan “Flash Pasteurization” yaitu pemanasan agak tinggi misalnya pada suhu 880C selama 1 menit.

Tidak seperti sterilisasi, pasteurisasi tidak dimaksudkan ntuk membunuh seluruh mikroorganisme di makanan. Pasteurisasi bertujuan untuk mencapai “pengurangan log” dalam jumlah organisme, mengurangi jumlah mereka sehingga tidak lagi bias menyebabkan penyakit (dengan syarat produk yang telah dipasteurisasi didinginkan dan digunakan sebelum tanggal kadaluwarsa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar