Jumat, 13 April 2012

Biji Semangka dan Manfaatnya

Biji Semangka dan Manfaatnya

Tanaman semangka bersifat menjalar, mempunyai alat pemegang seperti pollin. Permukaan tanaman (batang dan daunnya) tertutuk buku-buku tajam. Daunnya lebar dan menjalar, batangnya kecil dan menjalar. Bunga berumah satu dan berwarna kuning, berbentuk bulat, beratnya dapat mencapai 5kg, daging buah berwarna merah dan kuning, berakar tunggang.

Semangka
Buah semangka merupakan tanaman multiguna bagi manusia. Buah semangka memiliki kalori yang rendah meskipun rasanya manis, banyak mengandung air, bebas lemak, kaya betakarotin, dan vitamin C. Melimpahkan likopen yang berhasiat sebagai obat. Likopen yang ada mampu membasmi bibit kanker. Bijinya berbentuk bulat agak lonjong serta pipih, kulit bijinya keras, berwarna kehitaman, biji dan dagingnya berwarna putih sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan minuman dan makanan, kulit buahnya tebal, bagian kulit semangka yang berwarna putih dapat dimanfaatkan untuk merawat dan menyuburkan rambut. (Diah Prihartini, 1990).

Sifat biji semangka selain memiliki kandungan gizi seperti di atas, juga memiliki sifat fisik lainnya yaitu; daging, bijinya berwarna putih yang di dalamnya terdapat kandungan zat tepung sehingga dapat dibuat susu. Berdasarkan pengamatan penulis di dalam biji semangka juga terdapat zat yang menimbulkan rasa langu yang menimbulkan bau dan rasa yang tidak dikehendaki. Biji semangka pun ada manfaatnya. Biji semangka berkhasiat sebagai peluruh kencing (diuretik), menyehatkan ginjal, menyejukkan radang kandung kemih, dan melembabkan usus (Anonim, 2008)

3 komentar: