Selasa, 11 Agustus 2009

Cara Produksi Makanan/ Bahan Baku Secara Sanitasi

Cara Produksi Makanan/Bahan Baku secara Sanitasi adalah suatu pedoman yang menjelaskan bagaimana memproduksi makanan agar bermutu, aman dan layak untuk dikonsumsi.

Di dalam hal ini dijelaskan mengenai persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi tentang penanganan bahan pangan di seluruh mata rantai pengolahan dari mulai bahan baku sampai produk akhir.

Cara Produksi Makanan/ Bahan Baku Secara Sanitasi sangat berguna bagi kelangsungan hidup industri pangan baik yang berskala kecil, sedang, maupun yang berskala besar. Melalui cara ini, industry pangan dapat menghasilkan produk makanan yang bermutu, layak dikonsumsi dan aman bagi kesehatan. Dengan menghasilkan produk makanan yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi, kepercayaan masyarakat niscaya akan meningkat, dan industri pangan yang bersangkutan akan berkembang dengan pesat.

Dengan berkembangnya industri pangan yang menghasilkan produk yang bermutu dan aman untuk dikonsunisi, maka masyarakat pada umumnya akan terlindung dari penyimpangan mutu pangan dan bahaya yang mengancam kesehatan.

Ruang Lingkup Cara Produksi Makanan/ Bahan Baku Secara Sanitasi

Ruang lingkupnya mencakup cara-cara produksi yang baik dari sejak bahan mentah masuk ke pabrik sampai produk dihasilkan, termasuk persyaratan-persyaratan lainnya yang harus dipenuhi yaitu.

Ø Lingkungan Sarana Pengolahan

Ø Bangunan dan Fasilitas Pabrik

Ø Peralatan Pengolahan

Ø Fasilitas dan Kegiatan Sanitasi

Ø Sistem Pengendalian Hama

Ø Higiene Karyawan

Ø Pengendalian Proses

Ø Manajemen dan Pengawasan

Ø Pencatatan dan Dokumentasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar